Sabtu, 30 Januari 2010

Mengunakan Clip art Coreldraw untuk flash

Pernah kesulitan mengambar bentuk yang sudah populer di flash?
Misalnya gambar mobil, pesawat, binatang, benda-benda rumah tangga dan lain-lain?
Pernahkan juga anda berpikir mengunakan clipart seperti saat mengunakan corel draw?
Tentu saya saya pernah, bakan sering. Saya pernah mencarinya di internet clipart untuk flash seperti clipart-clipar yang lain. Tapi hasilnya tidak pernah memuaskan. Saya pernah berpikir andai saya bisa memanfaatkan clipart dari corel, karena saya punya CD yang berisi ribuan clipart corel.
Setelah di utak-utik sana-sini dan dicoba-coba, ternyata bisa! Mau tahu? ...
Gampang sekali cara mengunakan clipart corel draw untuk flash. Ada 3 macam cara dengan hasil yang berbeda-beda.

Cara Pertama :

  1. Buka Flash dan corel draw secara bersamaan
  2. Dengan mengunakan coreldraw, buka clipart yang kita inginkan.
  3. Pilih semua object pada clipart kemudian tekan copy (Ctrl-c)
  4. Masuk ke Flash kemudian tekan paste (ctrl-v)
  5. Tapi sayang cara mudah ini tidak mempan untuk object yang memiliki warna gradasi, karena bentuk objectnya jadi kacau di flash
Cara Kedua :
  1. Buka Flash dan corel draw secara bersamaan
  2. Dengan mengunakan coreldraw, buka clipart yang kita inginkan.
  3. Export data gambar corel ke swf
  4. Masuk ke Flash kemudian import to stage (ctrl-r)
  5. Lalu pilih file swf hasil export dari corel.
  6. Gambar hasil object akan tampil dan merupakan kumpulan dari grub-grub pershape perwarna
  7. Ups jangan puas dulu sebelum mencoba cara ke 3
Cara Ketiga :
  1. Buka Flash dan corel draw secara bersamaan
  2. Dengan mengunakan coreldraw, buka clipart yang kita inginkan.
  3. Export data gambar corel ke wmf
  4. Masuk ke Flash kemudian import to stage (ctrl-r)
  5. Lalu pilih file wmf hasil export dari corel.
  6. Gambar hasil object akan tampil dan merupakan kumpulan dari grub-grub pershape perwarna
Dari berbagai cara tersebut ternyata memiliki tiga macam kualitas yang terbaik adalah kita mengexport ke wmf atau mengunakan cara ketiga.
... baca selanjutnya!

Rabu, 27 Januari 2010

LoadMovie, AttachMovie, UnloadMovie di Flash

Anda pernah kesulitan dalam melakukan load object ke flash mengunakan AS? Kalo jawaban anda ya sebaiknya anda baca dengan cermat tulisan ini. Kenapa harus pake AS? Karena bila kita memasukkan object mengunakan AS akan memudahkan untuk mengaturnya.
Dalam posh kali ini saya akan menguraikan tentang bermacam-macam cara menlakukan loading baik gambar, suara atau animasi. Loading movie ada banyak cara karena dapat digunakan dalam berbagai keperluan. Sulitkah?? gag sulit, gampang kok ada file fla contohnya lagi. Dalam contohnya di gambarkan ada 6 tombol untuk mencoba, untuk mudah mempelajarinya semua AS ada di frame bukan di button.

Memasukkan file swf kecil ke stage utama.
Script untuk memasukkannya :
but1.onRollOver = function() {
_root.createEmptyMovieClip("gambar", 1);
gambar.loadMovie("baling.swf", 1);
gambar._x=175
gambar._y=60
};

Keterangan :
Gambar adalah nama instan object baru yang dibuat.
baling.swf adalah file swf yang akan dimasukkan (disini filenya dalam 1 direktori)
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor kiri atas.

Script untuk menutupnya :
but1.onRollOut = function() {
gambar.unloadMovie();
};

Memasukkan file swf mengantikan ke stage utama.
Disini file swf baru akan mengantikan/menimpa kedudukan stage utama
Script untuk memasukkannya :
but2.onRollOver = function() {
loadMovie("help.swf", 0);
};

Keterangan :
help.swf adalah file yang akan mengantikan file utama
0 adalah depth utama
untuk mengembalikan ke tempat semula kita bisa melakukan cara yang sama dengan nama file yang utama di tombol file yang baru dimasukkan.

Memasukkan movieclip dari library.
Hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan linkage (klik kanan mc di librari dan pilih linkage), ingat yang dimasukkan movie clip bukan graphic. Kalo ingin memasukkan graphic ya tetep buat movieclip tapi tidak bergerak.

Script untuk memasukkannya :
but3.onRollOver = function() {
attachMovie("gbular", "ular3", 1, {_x:275, _y:150});
};


Keterangan :
gbular adalah indentifikasi dari linkage
ular3 adalah nama baru
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor sesuai ancor movieclip.

Script untuk menutupnya :
but3.onRollOut = function() {
ular3.unloadMovie();
};

Memasukkan file gambar.
Script untuk memasukkannya :
but4.onRollOver = function() {
_root.createEmptyMovieClip("gambar", 1);
gambar.loadMovie("singa.jpg", 1);
gambar._x=175
gambar._y=60
};

Keterangan :

Gambar adalah nama instan object baru yang dibuat.
singa.jpg adalah file gambar yang akan dimasukkan (disini filenya dalam 1 direktori)
angka 1 adalah kedalamanya (depth besar akan menutup object dengan depth kecil)
gambar_x dan gambar_y adalah koordinat object baru yang ditanam dengan ancor kiri atas.

Script untuk menutupnya :
but4.onRollOut = function() {
gambar.unloadMovie();
};

Memasukkan suara dari library .
Ini adalah salah satu cara memasukkan suara di library tanpa mamasukkanya di frame. Hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan linkage (klik kanan mc di librari dan pilih linkage)
Script untuk memasukkannya :
but5.onRollOver = function() {
bunyi = new Sound();
bunyi.attachSound("Victory");
bunyi.start();
};
Keterangan :

Victory adalah indentifikasi dari linkage
Bunyi adalah nama object baru

Script untuk mematikannya :
but5.onRollOut = function() {
bunyi.stop();
};

Memasukkan suara dari file mp3 .
Script untuk memasukkannya :
but6.onRollOver = function() {
bunyi1 = new Sound();
bunyi1.loadSound("Rock.mp3");
bunyi1.start();
};
Keterangan :
Rock.mp3 adalah nama file mp3nya.

Bunyi1 adalah nama object baru

Script untuk mematikannya :
but6.onRollOut = function() {
bunyi1.stop();
};
... baca selanjutnya!

Jumat, 22 Januari 2010

Sumbangan Games Edukasi dari eTGames

Colorme adalah flash game yang dapat dijalankan secara online. Bila anda ingin mengambilnya agar dapat dimainkan secara offline ada dapat mengunakan Real Player atau Flashget untuk mendownloadnya. Colorme adalah permainan mewarnai gambar. ada beberapa gambar yang ditampilkan. Tekan tombol next atau back untukmengubah gambar. Bila anda ingin mencetaknya anda bisa menekan tombol print.
Ingin mencoba memainkan?



Terimakasih kepada tim eTGames yang telah menyumbangkan karyanya untuk dimanfaatkan bersama secara GRATIS.
Bila anda ingin bekerja sama dengan eTGames untuk membuat :

  • Aplikasi mengunakan flash untuk pendidikan.
  • Aplikasi mengunakan flash lite untuk aplikasi mobile.
  • Aplikasi komputer lain
  • Jasa Konsultan Komputer dan Jaringan
dapat menghubungi rekan kami, admin blog ini.
>
... baca selanjutnya!

Membuat menu pulldown di flash

Pada saat kita membuat aplikasi menu pulldown adalah salah satu pilihan untuk penataan menu. Pulldown menu ini sangat dicocok untuk aplikasi yang memiliki banyak menu. Banyak sekali contoh-contoh yang mengunakan pulldown menu ini misalkan MS Office, Flash dan lain-lain, bahkan hampir bisa dikatakan semua aplikasi komputer mengunakan pulldown menu meski dengan gayanya sendiri sendiri.
Bila anda ingin membuat pulldown menu untuk aplikasi yang anda buat dengan flash, gampang saja, anda bisa menerapkan cara-cara yang akan saya beberkan (he he he kayak rahasia besar aja)

Contoh Pulldown
Perhatikan contoh menu pulldown berikut ini.

Bila tampilan pulldown seperti itu yang ingin anda buat, anda bisa download file dasarnya di bawah. Selanjutnya anda bisa memodifikasinya menurut selera anda.

Keterangan
File Contohpulldown.zip yang akan anda download berisi 3 file.

  • pulldown.zip ini adalah file pulldown generator untuk membangkitkan puldown menu di aplikasi anda. File ini harus ada di direktori yang sama dengan file utama anda yang akan di isi menu pulldown.
  • contohpakepull.fla dan contohpakepull.swf ini adalah contoh pemakaian pulldown generator. Untuk mudahnya anda bisa memodifikasi file ini sesuai selera anda.
Customize
Variabel-variabel yang dapat di ubah

  • Perintah per submenunya
  • Jumlah menunya
  • Jumlah submenu masing-masing menu
  • warna menunya
  • panjang menunya
  • lebar menunya
  • Warna teks
  • Ukuran teks
  • Isi teks menu dan sub menu
Catatan
  • Untuk mudahnya modifikasi saja file contohpakepull.fla sesuai dengan kebutuhan anda
  • Ubah script-script yang berisi variabel, jangan mengubah yang dilarang karena akan mengkacaukan proses generator.
  • Ubah isi variabelnya jangan nama variabelnya
  • baris yang berisi perintah (isi = "...) dapat dihapus dan diganti sesuai perintah baru yang anda inginkan
  • tampilan teks yang berada di tengah hanya contoh, anda bisa menghilangkannya.
  • Jika ada bug bisa menghubungi saya.
... baca selanjutnya!

Senin, 11 Januari 2010

Menampilkan Animasi Flash (swf) di blog

Bosan dengan tampilan static image di blog anda? Ingin menampilkan animasi dengan flash agar dapat digunakan action script?
Jangan kuatir dalam postingan kali ini saya akan uraikan cara dan script html untuk memasang file swf di blog. Bahkan rumus ini tidah hanya untuk halaman posting tetapi juga dapat diterapkan untuk memasang gadget di sisi kiri atau kanan. Asikkan? ingin melihat cara detailnya?


Caranya gampang...
Langkah pertama adalah mengupload file swf anda ke server misalkan,

Setelah di upload anda akan mendapatkan alamat untuk mengaccess file anda,berikutnya tambahkan code html di blog anda seperti code dibawah ini :

<embed src="http://tempatfileanda.swf" width="240" height="336" quality="high" bgcolor="#DDDDDD" name="tonimation" align="middle" allowscriptaccess="sameDomain" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer"></embed>

Keterangan :
  • Teks biru adalah alamat file swf anda
  • Teks hijau adalah lebar (px) file swf anda
  • Teks merah adalah tinggi (px) file swf anda
  • Teks coklat adalah warna background file swf anda
... baca selanjutnya!

Selasa, 05 Januari 2010

Membuat animasi untuk Powerpoint

Bila selama ini anda membuat presentasi mengunakan powerpoint dan itu terasa "garing" maka sebaiknya anda membaca posting ini.

Kenapa "garing"?
Karena presentasi yang ada buat cuma tulisan dan gambar alakadarnya. Alangkah baiknya ada animasi yang mendukung presentasi tersebut. Tetapi ada pasti berpikir "animasi yang saya inginkan tidak ada!" atau clipart animasinya kurang lengkap atau kurang sesuai.

Gag usah kuatir...ada solusinya
Kenapa tidak buat sendiri? Caranya? Coba Pelajari ebook ini

Setelah jadi animasinya gimana?
cara memasukkannya kunjungi blog ini untuk office 2003 atau disini untuk office 2007>
... baca selanjutnya!